Beranda

Expression of Apology (Ungkapan Permintaan Maaf)

 Di dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita melakukan kesalahan baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Apabila kita melakukan kesalahan sebaiknya kita memohon maaf atas kesalahan tersebut. Apapun Bahasa yang kita gunakan untuk berkomunikasi, jika telah melakukan sebuah kesalahan kita harus meminta maaf agar hubungan kita dengan orang lain bisa terjaga dengan baik. Dalam pembahasan Yuk Bahas Bahasa kali ini kita akan membahas tentang ungkapan-ungkapan permintaan maaf dalam Bahasa Inggris yang di sebut dengan Apology. Yuk di simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Expression of Apology

Apology artinya permintaan maaf. Expression of apology adalah ungkapan yang digunakan untuk meminta maaf kepada orang lain atas suatu kesalahan yang kita perbuat sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan terhadap seseorang. Ada beberapa ungkapan permintaan maaf (apology) dalam Bahasa Inggris, ada yang sifatnya formal atau lebih sopan, ada juga yang sifatnya informal untuk digunakan pada situasi yang lebih santai. Lalu, apa saja sih ungkapan permintaan maaf dalam Bahasa inggris? Jawabannya ada di dalam pembahasan di bawah ini

Contoh Expression of Apology

Di bawah ini adalah beberapa ungkapan  permintaan maaf dalam Bahasa inggris beserta artinya. Ada ungkapan yang bisa digunakan pada situasi formal (sopan), ada pula ungkapan yang biasa digunakan dalam situasi informal.

  • I am sorry (Maafkan aku)
  • I’m very sorry (Aku sungguh-sungguh meminta maaf)
  • I’m so sorry (Aku benar-benar minta maaf)
  • I’m really sorry about that (Aku sungguh-sungguh minta maaf tentang hal itu)
  • Please forgive me (Mohon maafkan aku)
  • Please accept my apologies (Mohon terimalah permintaan maafku)
  • Pardon me (Maafkan saya)
  • It’s all my fault (ini semua salah saya)
  • I’m sorry. I didn’t mean it (Maafkan aku. Aku tidak bermaksud seperti itu)
  • Oops! Sorry (Ups! Maaf)
  • Sorry (Maaf)

Contoh ekspresi di bawah ini adalah ungkapan yang bisa di tambahkan kalimat atau kata-kata di belakangnya agar sesuai dengan konteks dan situasinya. Contoh: I am sorry for coming late (maafkan saya karena datang terlambat)

  • I do apologize for ……………. (Saya meminta maaf karena …………..)
  • I’m terribly sorry for ……………… (Saya sangat meminta maaf karena ………… )
  • I must apologize for ………………… (Saya harus meminta maaf karena …………. )
  • I would like to apologize for ………….. (saya ingin meminta maaf karena …………. )
  • I’d like to apologize for ………….. (saya ingin meminta maaf karena …………. )
  • Pardon me for …………… (Maafkan aku karena ………… )
  • I shouldn’t have ………… (Seharusnya saya tidak ……………. )

Apology atau permintaan maaf juga biasanya di sertai dengan alasan mengapa seseorang melakukan kesalahan. Kemudian di ikuti dengan janji untuk tidak melakukannya kembali di lain waktu. Perhatikan contoh di bawah ini:

I’m sorry for coming late. I woke up late. I won’t do it again.

            Apology                      Reason            Promise

Pada ujaran di atas, kalimat I’m sorry for coming late merupakan sebuah permintaan maaf (Apology) yang artinya ‘maafkan saya karena datang terlambat.’ Kalimat berikutnya yaitu I woke up late (Saya bangun kesiangan) adalah alasan (reason) dari keterlambatan tersebut. Sedangkan di kalimat I won’t do it again (Saya tidak akan melakukannya lagi) merupakan janji (promise) bahwa orang tersebut tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di lain waktu.

Expression to Respond Apologizing (Ungkapan untuk Merespon Permintaan Maaf)

Ketika ada seseorang yang meminta maaf kepada kita, maka kita akan memberikan respon atau balasan atas permohonan maafnya. Berikut ini adalah beberapa expression untuk merespon apology

  • It's okay (Baiklah)
  • That’s all right (Tidak apa-apa)
  • It doesn’t matter (bukan masalah)
  • Don’t worry about it (Jangan khawatirkan itu)
  • Don’t mention it (Jangan bilang begitu)
  • I forgive you (Saya maafkan kamu)
  • Let’s forget about it (Kita lupakan saja)
  • There’s no need to apologize (Tidak perlu minta maaf)
  • Never mind (lupakan saja)
  • I accept your apology (Saya terima maafmu)
  • Let bygones be bygones (Jangan bicarakan hal yang sudah-sudah)

Itulah pembahasan dan penjelasan mengenai expression of apology beserta responnya. Semoga pembahasannya bisa bermanfaat. Terima kasih sudah mampir di Yuk Bahas Bahasa. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah ini ya.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar